Penerapan Aplikasi Pemasaran Produk Kerajinan UKM di Kampung Sabbeta Berbasis Android
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi pemasaran produk kerajinan UKM di kampung sabbeta berbasis android. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan penelitian kepustakaan. Serta di lakukan tahap pengujian blackbox testing dimana pengujian hanya dilakukan pada bagian luar aplikasi. Metode ini dilakukan dengan cara melakukan pengujian pada setiap fungsi aplikasi kemudian membuat tabel scenario pengujian. Berdasarkan analisis yang dilakukan saat ini belum diterapkan aplikasi pemasaran produk kerajinan UKM di kampung sabbeta berbasis android. Sebagai solusi dari permasalahan ini maka dirancang aplikasi pemasaran produk kerajinan UKM di kampung sabbeta berbasis android menggunakan UML (unified modeling language) yaitu usecase diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram sebagai rancangan sistemnya. Kemudian diimplementasikan menggunakan Bahasa pemrograman Flutter juga menggunakan FireBird sebagai databasenya dan untuk uji penggunaanya menggunakan smartphone yang berbasis android. Hasil implementasi aplikasi didapatkan kesimpulan bahwa aplikasi dapat memudahkan proses pemasaran produk dan hasil pengujian menunjukkan 100% aplikasi berjalan baik
Downloads
References
Ismail, A. Z. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Marketplace Berbasis Web Guna Meningkatkan Daya Saing Dan Pemasaran BUMDES Rompegading. Inspiration : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(1), 47–56. https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/view/2650
Krisnawati, I., Ubaidi, I. A., Rais, H., & Batu, R. L. (2019). Strategi Digital Marketing dalam Perdagangan Hasil Tani untuk Meningkatkan Pendapatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 70. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.838
Muhajir Arman, & Rahmat Maberur. (2022). Perancangan Aplikasi Point Of Sales Pada Toko Cahaya Purnama Soppeng. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 5(1), 43–50. https://doi.org/10.57093/jisti.v5i1.108
Nursakti. (2019). Penerapan Aplikasi Mobile Android Sebagai Media Promosi Dan Layanan Pelanggan Pada Usaha. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(2), 27–33.
Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510
Suherman, I. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa di Sdn 165 Asanae Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa di Sdn 165 Asanae Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER, 8(1), 226–232. https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Pendukung_Keputusan/DB9ZEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=nilai+indeks+acak+metode+AHP&pg=PA71&printsec=frontcover
Sukriadi, Irma, H. A. (2023). Sistem Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru Berbasis Web di SMP Satap Negeri Tengapadange Menggunakan Pemodelan Waterfall. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 6(1), 68–76.
Tahir, M. A., & Hasriani, H. (2022). Penerapan Metode Weight ProductUntuk Kelayakan Kredit Motor Pada PT. NSS Soppeng. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 11(2), 201–211.
Vincensius, D., & Wasito, B. (2020). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Point Of Sales Pada CV. Senjaya Abadi. Journal Informatika Dan Bisnis, 1(1), 1–10
JISTI