Penerapan Aplikasi Penilaian Kinerja Aparat Desa Pidara Kabupaten Mamasa Menggunakan Algoritma Profile Matching

  • Hasbi Hasbi
  • Sofyan Sofyan STMIK Kreatindo Manokwari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penelitian eksperimental terhadap sistem akumulasi perhitungan Algoritma Profile Matching dan untuk merancang Aplikasi Penilaian Kinerja Aparat Pemerintah Desa Menggunakan Metode Profile Matching Pada Kantor Desa Pidara Kecamatan Balla Kabupaten Mamasa. Dalam proses penelitian ini menggunakan Metodologi Penelitian observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Untuk teknik analisis data menggunakan paradigma waterfall dan metode perancangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling Language. Metode penyelesaian masalah pada aplikasi yang dibangun menggunakan teknik penyelesaian masalah Algoritma Profile Matching sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan untuk merancang aplikasi ini digunakan bahasa pemrograman Visual Basic.NET dan database MYSQL. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan Algoritma Profile Matching yang diimplementasikan dalam sistem terkomputerisasi dapat memberikan kemudahan bagi Kepala Desa Pidara untuk melakukan penilaian terhadap kinerja Aparat Pemerintah Desa Pidara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Bahra bin Ladjamudin. 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Dr. Azhar Susanto, MBus, Ak. 2004, Sistem Informasi Manajemen Konsep dan. Pengembangannya, Lingga Jaya, Bandung.
Gary B. Shelly, Harry J. Rosenblatt. 2013, Systems Analysis and Design, Course Technology, Cengage Learning.

Ismail. 2013, Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Inventaris Barang pada Fakultas Ilmu Komputer Berbasis Jaringan, Skripsi, Universitas Indonesia Timur.
Jogiyanto, HM. 2001, Analisis Perancangan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.
Jubilee Enterprise. 2015, Pemrograman Database dengan Visual Basic 2013 dan MySQL, Alex Media Komputindo, Jakarta.
Kenneth E. Kendal, Julie E. Kendall. 2012. Systems Analysis and Design Eighth Edition, Camden, New Jersey.
Muhammad Nor. 2015, Kinerja Aparatur Desa dalam pelaksanaan administrasi Desa dan pelayanan masyarakat Di kampung Long Iram Seberang Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat, Jurnal, Universitas Mulawarman.
Nina Sherly. 2013. Penerapan metode profile matching dalam sistem pendukung keputusan pemberian bonus karyawan (studi kasus: pt. Sanghyang seri persero), INTI, Bandung.
Nugroho, Adi. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java, Andi, Yogyakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa
Published
2022-04-30
How to Cite
HasbiH., & SofyanS. (2022). Penerapan Aplikasi Penilaian Kinerja Aparat Desa Pidara Kabupaten Mamasa Menggunakan Algoritma Profile Matching. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 5(1), 88-95. https://doi.org/10.57093/jisti.v5i1.139