Perancangan Aplikasi Pendataan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Berbasis Web Pada Kantor Desa Maccile Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng

  • Suherman Suherman Universitas Lamappapoleonro
  • Misveria Villa Waru Universitas Lamappapoleonro
  • Nurnaningsih Nurnaningsih Universitas Lamappapoleonro

Abstract

Sistem pendataan BLT dana desa pada Desa Maccile Kecamatan Lalabata ,yaitu pencatatan data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sudah dilakukan menggunakan Microsoft Excel namun pencatatan, perubahan, serta pencarian data penerima bantuan dilakukan secara manual sehingga memerlukan waktu yang lama, resiko kehilangan data sangat besar, serta pengolahan data tidak menggunakan Database. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada Kantor Desa Maccile diperlukan teknologi yang mendukung, yakni dengan mengimplementasikan sistem informasi pendataan BLT dana desa berbasis web. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang menggambarkan masalah yang terjadi sebagaimana adanya serta menggunakan metode pengujian Black - Box. Kemudian menganalisa dan menjelaskan data yang dikumpulkan sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa website informasi pendataan BLT dana desa pada Desa Maccile Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng dibuat menjadi media yang dapat membantu dalam mempermudah BLT dana desa pada Kantor Desa Maccile Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andalia F., Setiawan Budi Eko. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pencari Kerja Pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 4 (2), 93-98. Diakses dari : https://ojs.unikom.ac.id/index.php.

Ermatita, (2016). “Analisis Perancangan SistemInformasi Perpustakaan,Jurnal Sistem Informasi”, Vol. 8, No. 1 April 2016, ISSN 2085-21588.

Jogiyanto, HM. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta. Andi.

J. Hutahaean. (2015). “Konsep Sistem Informasi”. Yogyakarta, Deepublish.

Nindytha, dewi. (2015)“Bantuan Sembako Masyarakat Miskin (Raskin)”. Palembang : Bambang.

Nursakti. (2019). Penerapan Aplikasi Mobile Android Sebagai Media Promosi Dan Layanan Pelanggan Pada Usaha Media Ilmu Komputer.JISTI.Vol 2, 27–33.

Palit Randi V. , Dkk (2015). “ Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang”. Jurusan Teknik Elektro-FT. UNSRAT, Manado.

Romney., dan Steinbart. (2015). Sistem Informasi Akuntansi (13h ed.). Jakarta, Salemba Empat.
Sutabri, T, (2012). “Konsep Sistem Informasi”,Yogyakarta: Andi

Swara, G.Y., Pebriadi, Yunes. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Web. Jurnal Teknoif, 4(2), 27-39. Diakses dari https://ejournal.itp.ac.id.

Urva, Gellysa dan Siregar, Fauzi Helmi. (2015) Pemodelan UML E-Marketing Minyak Goreng. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 1 No 2.
Wibowo Stephanus kridho budi, (2007). “ Sistem Informasi Grosir Berbasi Client – Server”.
Studi Kasus : Grosir Wijaya indramayu. Yokyakarta.

Yusri. (2015). “Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada SMP Frater Makassar”. Jurnal Jupiter, 14 (2), 66-77. Diakses dari https://media.neliti.com.
Published
2022-10-11
How to Cite
SuhermanS., Villa WaruM., & NurnaningsihN. (2022). Perancangan Aplikasi Pendataan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Berbasis Web Pada Kantor Desa Maccile Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 5(2), 117-124. https://doi.org/10.57093/jisti.v5i2.136

Most read articles by the same author(s)