Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Bagian Organ Tubuh Pada Anak Usia Dini

  • Nursakti nursakti Universitas Lamappapoleonro
  • Suherman Suherman Universitas Lamappapoleonro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Bagian Organ Tubuh Pada Anak Usia Dini”. Pada sistem yang berjalan saat ini ditemukan masalah yaitu anak anak sulit dalam memahami penjelasan guru mengenai bagian-bagian organ tubuh dikarenakan anak usia dini masih membutuhkan stimulasi untuk membaca dan mengeja.

Dengan merancang sebuah Game Edukasi yang menarik diharapkan dapat menghibur anak-anak dan membantu mereka dalam menghadapi kesulitan belajar terutama dalam mengenal bagian organ tubuh.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle, dimana metode ini memiliki enam tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution.

Game edukasi yang dirancang memuat materi pengenalan organ tubuh manusia kedalam konten yang berbentuk gambar, animasi dan suara. Game edukasi pengenalan organ tubuh manusia dibangun dengan menggunakan software Unity 3D sebagai game engine dengan bahasa pemrograman C#. Berdasarkan hasil pengujian dengan metode Blackbox, game edukasi pengenalan bagian organ tubuh manusia pada anak usia dini cocok untuk diimplementasikan pada tingkatan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erwin Jordan Lontoh, Quido Conferti Kainde, Trudi Komansilan. (2022). Augmented Reality Pada Objek Sejarah Berbasis Android Menggunakan Teknik Markerless. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 113-121.
Hidayatulloh, M. F., Muhammad, E., Jonemaro, A., & Afirianto, T. (2022). Penerapan MDA Framework dalam Pengembangan Gim Tower Defense. 6(10).

Khaerudin, M., Srisulistiowati, D. B., & Warta, J. (2022). Game Edukasi Dengan Menggunakan Unity 3D Untuk Menunjang Proses Pembelajaran. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 8(2), 263–272. https://doi.org/10.35968/jsi.v8i2.741

Santoso. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Sebagai Sistem Informasi Alternatif Ice Breaking Pembelajaran Di Masa Pandemi. Ecodunamika : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1–6.
Tannady, H., Haeraini, D., & Natalia, D. (2021). Perancangan Tampilan User Interface Pada Website Klinik Sehat Berdasarkan Metode Paper Prototype. JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, 4(2), 10–15. https://journal.ubm.ac.id/index.php/jbase/article/view/2999

Wati, F. (2022). Seni dan Sains: Mengenal Sistem Jaringan dan Organ Tubuh Manusia Melalui Batik Histologi. Acintya : Jurnal Penelitian Seni Budaya, 13(2), 144–154. https://doi.org/10.33153/acy.v13i2.3961

Yulianti, A., & Ekohariadi, E. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal IT-EDU, 5(1), 527–533. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272

Krisdiawan, R. A. (2019). PEMBUATAN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF ALFABET DAN ANGKA BERBASIS ANDROID. Jurnal Ilmu Komputer, 10(01), 43-51. Retrieved from http://45.118.112.109/ojspasim/index.php/ilkom/article/view/149
NursaktiN., & ParwatiH. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Android Untuk Pelayanan Pernikahan Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Lamuru. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 5(2), 67-76. https://doi.org/10.57093/jisti.v5i2.130

Satria, E., Septiana, Y., & Ramadhan, R. (2022). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Bagian-Bagian Tumbuhan untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 18(2), 633-641. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-2.984

Yulianto, F., yulianto, ferdi, Utami, Y. T., & Ahmad, I. (2019). Game Edukasi Pengenalan Buah-buahan Bervitamin C Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 7(3), 242–251. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i3.15554
Published
2023-10-10
How to Cite
nursaktiN., & SuhermanS. (2023). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Bagian Organ Tubuh Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 6(2), 104-111. https://doi.org/10.57093/jisti.v6i2.154