Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pendidikan Sekolah Dasar Berbasis Mobile Augmented Reality
Abstract
Permasalahan yang sering dihadapi oleh metode pembelajaran bahasa inggris yang disajikan selama ini monoton dan kurang menarik, siswa hanya diposisikan sebagai pendengar karena guru menerangkan materi terbatas pada alat peraga melalui media gambar dan simulasi sederhana sehingga minat anak sekolah dasar untuk mempelajarinya lebih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pembelajaran bahasa Inggris untuk pendidikan sekolah dasar berbasis Augmented Reality. Metode yang digunakan pada pembuatan aplikasi ini adalah metode Black Box. Analisis dilakukan dengan melakukan pengujian merancang aplikasi pembelajaran bahasa Inggris untuk pendidikan sekolah dasar berbasis Augmented Reality. Berdasarkan hasil penelitian, maka dibuatlah sebuah aplikasi pembelajaran bahasa Inggris untuk pendidikan sekolah dasar berbasis Augmented Reality
Downloads
References
Fathoni, K., Hakkun, R. Y., & Pamenang, M. U. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Sd Berbasis Augmented Reality. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 73. https://doi.org/10.22373/crc.v4i1.6321
Normalasari, D., & Afrianto, I. (2019). Aplikasi Identifikasi Kata Berbasis Optical Character Recognition dan Augmented Reality. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 8(2), 77–85. https://doi.org/10.34010/komputa.v8i2.3053
Nursakti. (2021). Penerapan Text Recognition Pada Aplikasi Penerjemah Kata Berbasis Mobile Augmented Reality. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika “JISTI,” 4(1), 28–34.
Waru, M. V., & Irfan, A. (2019). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Kelompok MGMP Matematika. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 81. https://doi.org/10.31100/matappa.v2i2.381
Zulfahmi, M., & Wibawa, S. C. (2020). Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Respon Siswa. It-Edu, 5(1), 334–343.
JISTI