Analisis Kualitas Website SMKN 3 Soppeng Menggunakan Metode Webqual

  • Misveria Villa Waru Universitas Lamappapoleonro
  • A Zulkifli Universitas Lamappapoleonro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengukur kualitas website SMKN 3 Soppeng. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Webqual yaitu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir yang dijadikan acuan utama dengan indikator kegunaan, kualitas informasi, serta interaksi layanan dan metode Importance Performance Analysis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebanyak 50 kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap fungsionalitas telah tercapai, sedangkan tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas informasi belum tercapai, serta kualitas interaksi layanan belum tercapai. Berdasarkan penilaian ketiga dimensi pengukuran tersebut, dimensi usability memiliki nilai (0,125), dimensi interaksi layanan memiliki nilai selisih atau gap sebesar – (0,34) dan dimensi informasi memiliki nilai selisih atau gap sebesar – (0,15). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi kualitas yang sebenarnya belum dapat memenuhi kualitas ideal yang diinginkan oleh pengguna website SMKN 3 Soppeng, terutama dari atribut kualitas yang berkaitan dengan informasi pada website

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnes, S. J., & Richard Vidgen. 2012. An Integrative Approach to the Assessment of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research, VOL. 3, NO. 3, 2012, 114-127.

Bekti, Bintu Humairah. 2015. Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: ANDI

Hasanov, J., & Khalid, H. 2015. The Impact of Website Quality on Online Purcahase Intention of Organic Food in Malaysia: A Webqual Model Approach. The third Information System International Conference.

Heizer, Jay and Render Barry. 2015, Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11, Salemba Empat, Jakarta.

Hadi, S. 2016. Statistik. Jakarta : Pustaka Pelajar.

Iswadi , A. 2012. Macam-macam Layanan Internet dan Fungsinya. Retrieved November 7, 2017, from Ariesense : http://ariesense.com/macam-macam-layanan-internet-dan-fungsinya.html

Napitupulu, D. 2017. Analysis of Factors Affecting Website Quality Based on Webqual Approach (Study Case: XYZ University). Advanced Science Engineering Information Technology, 792.

Noora Qotrun Nada & Setyoningsih Wibowo. 2015. Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0, 122–131.

Rahmadi, Moch. Luthfi. 2013. Tips Membuat Website tanpa Coding & Langsung Online. Yogyakarta: Andi.

Ritchie, J,. J. Lewis, & R. G Elam. 2003. Selecting samples. Qualitative research practive: A guide for social science student and researchers.

Sarwono, S. W., & Meinarni, E. A. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Subiyakto, A., Abd. Rahman Ahlan, Mira Kartiwi, & Syopiansyah Jaya Putra. 2016. The User Satisfaction Perspectives of the Information System Projects. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 215-223.
Tarigan , J. 2008. User Satisfaction using Webqual Instrument: A Research on Stock Exchange of Thailand (SET). Jurnal Akutansi dan keuangan. Vol. 10, No. 1, pp.34-47.

Utama, Yadi. 2016. Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 3
Published
2023-04-20
How to Cite
Villa WaruM., & ZulkifliA. (2023). Analisis Kualitas Website SMKN 3 Soppeng Menggunakan Metode Webqual. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 6(1), 52-59. https://doi.org/10.57093/jisti.v6i1.148