Perancangan Aplikasi Nomor Antrian Nasabah Berbasis Web Pada Bank Sulsel Cabang Soppeng
Abstract
Peranan teknologi informasi sangat penting bagi perusahan, khususnya di bidang layanan yang mengutamakan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Layanan adalah pengerak utama dimana dengan memaksimalkan pelayanan dapat mencapai tingkat kepuasan dari nasabah. Panjangnya suatu antrian pada layanan yang masih menggunakan sistem antrian manual, dimana nasabah harus mengantri sehingga banyak waktu nasabah yang terbuang sia-sia, menunggu antrian merupakan suatu kekurangan pada era globalisasi. Berdasarkan masalah diatas dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi informasi, penulis mengfokuskan baigamana cara memanfaatkan teknologi dalam melakukan pelayanan dengan membangun sebuah aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dan membangun perancangan aplikasi nomor antrian nasabah berbasis web pada Bank Sulselbar. Perancangan ini adalah suatu sistem yang memberikan pelayanan antrian secara online, sehingga membantu kecepatan dan kualitas dalam pelayanan. Penelitian ini dapat menghasilkan perancangan aplikasi nomor antrian berbasis web yang dapat menyajikan data atau informasi antrian seperti jumlah nomor antrian, nomor antrian yang sedang dilayani, serta rata-rata waktu pelayanan nasabah yang memungkinkan nasabah dapat melihat dan memantau informasi antrian tersebut secara realtime tanpa harus datang ke lokasi. Selain dapat menyajikan informasi tersebut, aplikasi ini juga memungkinkan nasabah untuk mendaftar nomor antrian secara online melalui aplikasi. Dengan demikian maka akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak yaitu pengantri tidak kehilangan waktu lama untuk menunggu antrian dan perusahaan ataupun instansi pelayanan tidak akan dijejali oleh banyak pengantri dan tidak perlu mempersiapkan ruang tunggu antrian yang terlalu besar, selain itu dapat juga menjadi solusi sampah kertas yang dihasilkan mesin antrian
Downloads
JISTI