Analisis Kinerja Aplikasi Access by KAI Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction Dan Delone & McLean

  • Fardana Difka Dwi Cahya universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Diema Hernyka Satyareni Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Ahmad Farhan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Abstract

Aplikasi Access by KAI merupakan salah satu inovasi digital yang digunakan oleh PT Kereta Api Indonesia untuk mempermudah proses pemesanan tiket kereta api. Meskipun aplikasi ini memberikan berbagai kemudahan, masih terdapat sejumlah tantangan terkait kinerjanya yang perlu dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja aplikasi Access by KAI dengan menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) dan model Delone & McLean. Fokus utama penelitian ini adalah pada persepsi pengguna terhadap kinerja aplikasi, yang diukur melalui variabel-variabel seperti Accuracy, Format, Ease of Use, System Quality, dan Use. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum yang telah menggunakan aplikasi ini dalam enam bulan terakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja aplikasi Access by KAI secara keseluruhan tergolong sangat baik, dengan rata-rata skor mencapai 80,72%. Dari analisis regresi linier, ditemukan bahwa variabel Use berpengaruh signifikan terhadap persepsi pengguna terhadap kinerja aplikasi, sementara variabel lainnya tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai aspek-aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kinerja aplikasi ke depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Nopitasari, N., & Fatrianto Suyatno, D. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Fitur TikTok Shop pada Aplikasi TikTok Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean. JEISBI, 04, 2023.
Hadi Ismanto, S. P. (2021). Aplikasi SPSS dan Eviews dalam Analisis Data Penelitian. PENERBIT DEEPUBLISH.
Imroatus Solikha, N., Faroqi, A., & Wulansari, A. (2024). Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Access by KAI Menggunakan Metode UX Honeycomb.
Padalia, A., & Natsir, T. (2022). End-User Computing Satisfaction (EUCS) Model: Implementation of Learning Management System (LMS) on Students Satisfaction at Universities. International Journal of Environment, Engineering and Education, 4(3), 100–107. https://doi.org/10.55151/ijeedu.v4i3.72
Pasaribu, R., Studi Manajemen Informatika, P., & Studi Teknologi Informatika, P. (t.t.). KEGUNAAN APLIKASI SPSS PADA MAHASISWA MANAJEMEN INFORMATIKA PADA MATA KULIAH STATISTIKA.
Pujana, G., Made Ardwi Pradnyana, I., Ketut Resika Artha, I., Kunci, K., Pengguna, K., & Negeri, S. (2023). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA E-RAPOR MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI SMP NEGERI 1 SUKASADA. Dalam Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) (Vol. 12, Nomor 1). http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/
Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS User Satisfaction Analysis of the KAI Access Application as a Train Ticket Booking Media Using the EUCS Method. Dalam JTSI (Vol. 2, Nomor 2).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sutabri, T. (2023). Analisis Sistem Informasi . Penerbit ANDI.
Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel: Teknik Sampling & Bias dalam Penelitian. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Tarhini, A., Alalwan, A. A., & Algharabat, R. S. (2019). Factors influencing the adoption of online shopping in Lebanon: an empirical integration of unified theory of acceptance and use of technology2 and DeLone-McLean model of IS success. Dalam Int. J. Electronic Marketing and Retailing (Vol. 10, Nomor 4).
Published
2025-10-04
How to Cite
Dwi CahyaF. D., SatyareniD. H., & FarhanA. (2025). Analisis Kinerja Aplikasi Access by KAI Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction Dan Delone & McLean. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 8(2), 153-161. https://doi.org/10.57093/jisti.v8i2.286