Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Produktif TKJ di SMK Muhammadiah Watansoppeng

  • Nursakti

Abstract

Dalam Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses, sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi, maka prinsip pembelajaran yang digunakan menyatakan bahwa “Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Watansoppeng bahwa minat belajar siswa pada kelas X TKJ pada mata pelajaran Produktif TKJ masih belum optimal dikarenakan banyak siswa yang mengeluhkan metode pembelajaran dengan cara konvensional yaitu menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Produktif TKJ menurun. Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis merasa tertarik untuk membuat media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan teknologi augmented reality yang dibuat dalam bentuk aplikasi mobile. Aplikasi mobile yang dibuat dapat menampilkan objek augmented reality berupa objek tiga dimensi maupun objek video yang terintegrasi dengan modul pembelajaran peserta didik. Melaui Augmented Reality, guru dapat membuat media pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan mudah digunakan. Augmented Reality juga dapat menggantikan modul pembelajaran yang belum ada di sekolah dalam bentuk virtual atau maya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-23
How to Cite
Nursakti. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Produktif TKJ di SMK Muhammadiah Watansoppeng. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 1(2), 19-28. https://doi.org/10.57093/jisti.v1i2.15

Most read articles by the same author(s)