Klasifikasi Data Mining Pada Tingkat Kepuasan Pengunjung Maccahaya Waterboom dengan Algoritma C.45
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengklasifikasikan tingkat kepuasan pengunjung yang terbagi menjadi dua kelas yaitu "Puas" dan "Tidak Puas". Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 106 responden yang pernah berkunjung ke Maccahaya Waterboom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model klasifikasi menggunakan algoritma C.45 mencapai tingkat akurasi sebesar 93.75% dengan variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung adalah X5 (Kebersihan) dan X2 (Fasilitas). Implementasi sistem klasifikasi ini dilakukan melalui sebuah website yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Python dengan framework Flask dan MySQL sebagai basis data
Downloads
Download data is not yet available.
References
Ahmad, A., & Gata, W. (2022). Sentimen Analisis Masyarakat Indonesia Di Twitter Terkait Metaverse Dengan Algoritma Support Vector Machine. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 548-555.
Arlinda, F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Penerapan Program Adaptasi Chse (Cleanliness, Health, Safety, Environment) Terhadap Kepuasan Pengunjung Destinasi Wisata Kabupaten Kediri Di Era New Normalserta Dampaknya Pada Pengembangan Ekonomi Pariwisata & Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 1404-1416.
Dwi Febriyanti, N. M., Oka Sukadana, A. K., & Piarsa, I. N. (2021). Implementasi Black Box Testing Pada Sistem Informasi Manajemen Dosen. Jitter- Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer.
Fauzy, R., Winanjaya, R., & Susian. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menerapkan Algoritma C4.5. Bulletin Of Computer Science Research, 41-46.
Hendri, & Oscar, D. (2021). Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Mengukur Kepuasan Pengunjungterhadap Fasilitas Ditaman Margasatwa Jakarta. Jurnal Infortech, 73-78.
Melinda, R. N., Ningrum, L. M., Suryabrata, I. B., Dwipa, G. S., & Sukoco, T. P. (2021). Program Perhitungan Rab Pekerjaan Struktur Baja (Wf Beam) Menggunakan Bahasa Python. Tiers Information Technology Journal, 31-38.
Naji, M., Filali, S., Aarika, K., Benlahmar, E., Abdelouhahid, R., & Debauche, O. (2021). Machine Learning Algorithms For Breast Cancer Prediction And Diagnosis. Procedia Computer Science, 487-492.
Religia, Y., & Amali. (2021). Perbandingan Optimasi Feature Selection Pada Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kepuasan Airline Passenger. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 527-533.
Sukriadi, Ismail, & Andzar. (2023). Penerapan Text Mining Dalam Klasifikasi Judul Skripsi Yang Diusulkan Mahasiswa Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (Jisti), 184-196.
Widanti, S. W., Subkhan, M., & Endarwati, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Di Museum Benteng Vredeburg Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia Stie Widya Wiwaha, 541-560.
Yudha, A. P., & Cahyono, R. P. (2022). Analisis Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode Random Forest Untuk Wisata Pantai Pada Pesawaran. Jurnal Ilmu Data, 1-8.
Arlinda, F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Penerapan Program Adaptasi Chse (Cleanliness, Health, Safety, Environment) Terhadap Kepuasan Pengunjung Destinasi Wisata Kabupaten Kediri Di Era New Normalserta Dampaknya Pada Pengembangan Ekonomi Pariwisata & Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 1404-1416.
Dwi Febriyanti, N. M., Oka Sukadana, A. K., & Piarsa, I. N. (2021). Implementasi Black Box Testing Pada Sistem Informasi Manajemen Dosen. Jitter- Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer.
Fauzy, R., Winanjaya, R., & Susian. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menerapkan Algoritma C4.5. Bulletin Of Computer Science Research, 41-46.
Hendri, & Oscar, D. (2021). Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Mengukur Kepuasan Pengunjungterhadap Fasilitas Ditaman Margasatwa Jakarta. Jurnal Infortech, 73-78.
Melinda, R. N., Ningrum, L. M., Suryabrata, I. B., Dwipa, G. S., & Sukoco, T. P. (2021). Program Perhitungan Rab Pekerjaan Struktur Baja (Wf Beam) Menggunakan Bahasa Python. Tiers Information Technology Journal, 31-38.
Naji, M., Filali, S., Aarika, K., Benlahmar, E., Abdelouhahid, R., & Debauche, O. (2021). Machine Learning Algorithms For Breast Cancer Prediction And Diagnosis. Procedia Computer Science, 487-492.
Religia, Y., & Amali. (2021). Perbandingan Optimasi Feature Selection Pada Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kepuasan Airline Passenger. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 527-533.
Sukriadi, Ismail, & Andzar. (2023). Penerapan Text Mining Dalam Klasifikasi Judul Skripsi Yang Diusulkan Mahasiswa Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (Jisti), 184-196.
Widanti, S. W., Subkhan, M., & Endarwati, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Di Museum Benteng Vredeburg Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia Stie Widya Wiwaha, 541-560.
Yudha, A. P., & Cahyono, R. P. (2022). Analisis Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode Random Forest Untuk Wisata Pantai Pada Pesawaran. Jurnal Ilmu Data, 1-8.
Published
2024-10-06
How to Cite
ismailI., & Erwin SyahR. (2024). Klasifikasi Data Mining Pada Tingkat Kepuasan Pengunjung Maccahaya Waterboom dengan Algoritma C.45. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JISTI), 7(2), 270-281. https://doi.org/10.57093/jisti.v7i2.225
Section
Articles
JISTI