Analisis Tingkat Kepuasan Aplikasi SISDMK Di UPTD Puskesmas Cempaka Menggunakan Metode End- User Computing Satisfaction (EUCS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi SISDMK di UPTD Puskesmas Cempaka. Dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengevaluasi kepuasan pengguna berdasarkan model End-User Computing Satisfaction (EUCS) yang dikembangkan oleh Doll dan Torkzadeh pada 1988. Pengumpulan data dilakukan melalui survei untuk mengukur persepsi pengguna, dengan melibatkan 55 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pengguna dinilai berdasarkan lima dimensi EUCS, yaitu konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Aplikasi ini memberikan manfaat dalam meningkatkan efisiensi akses data, pencatatan informasi yang lebih sistematis, serta kemudahan dalam pemantauan tenaga medis. Selain itu, aplikasi ini membantu mengurangi kesalahan pencatatan, melacak riwayat kesehatan pasien, dan mempercepat proses pelaporan. Meski demikian, beberapa kendala teknis masih ditemukan, terutama terkait kecepatan akses saat digunakan secara bersamaan oleh banyak pengguna. Oleh karena itu, diperlukan optimalisasi sistem guna meningkatkan performa aplikasi dan pengalaman pengguna secara keseluruhan
Downloads
References
Farhan Nurhadi, (2022). Apa Itu SISDMK, Pelamar PPPK Tenaga Kesehatan. Aceh.
Kementrian kesehatan repoblik indinesia, NOMOR: HK.02.03/1/ /2021. Badan pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan, jalan hang jabat 3 blok f3 kebayoran baru sumatra selatan 12120 .
Putri, M. S. (2023). Evaluasi Penyelenggaraan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan Menurut Fungsi Manajemen POAC Di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Rahayu, S. P. (2024). Evaluasi Tingkat Kepuasan Petugas Kesehatan Terhadap Penggunaan Rme Medify Dengan Metode Eucs Di Rumah Sakit Tk. Iii Brawijaya (Doctoral dissertation, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya).
Rosiana, P. S., Nurhidayat, A. R., Mohsa, A. A., & Ridha, A. A. (2023). Analisis Aplikasi Tiktok Berdasarkan Prinsip Dan Paradigma Interaksi Manusia Dan Komputer Menggunakan Evaluasi Heuristic. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 11(3).
Ulum, F., & Muchtar, R. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 68-72.
JISTI